Tips Penggunaan Mouse dengan Benar

Untuk mengurangi beban pada tangan yang sering kali menggunakan mouse, cobalah untuk memakai tangan yang satunya bergantian. Tidak satupun mouse dibentuk berdasarkan spesifikasi tangan anda. Ini akan mengurangi beban pada lengan yang satu sedangkan tangan yang dominan dapat bebas melakukan tugas lainnya. Cobalah menggunakan lengan dan bahu anda daripada hanya tangan anda.
Ketika menggunakan mouse untuk waktu yang lama, lengan bawah anda harus ditopang. Untuk itu :
– Letakkan tangan anda (yang memegang mouse) di atas meja kerja anda bila mejanya berbentuk ” L ” dan tingginya kira-kira setinggi siku anda.
– Letakkan lengan anda dengan santai pada meja tadi. Pastikan bahwa bagian meja yang menopang lengan anda tidak membatasi gerak lengan anda
Ada banyak alat lainnya yang dapat digunakan mirip seperti mouse di pasaran, tetapi disarankan anda mencobanya lebih dahulu sebelum membelinya

Penopang lengan pada papan ketik dan mouse
Bantalan tangan sering digunakan di depan keyboard untuk menopang tangan anda. Penyangga tangan juga mengurangi tekanan langsung pada tangan anda dari bagian tepi meja kerja, saat anda istirahat dari mengetik. Walau begitu, penyangga tangan tersebut akan menimbulkan tekanan pada tangan anda, sehingga meningkatkan resiko cedera, khususnya bila dipakai saat mengetik.
* Mengetik harus dilakukan dengan posisi tangan “mengambang” di atas keyboard. Kedua tangan harus diletakkan di atas bantalan tangan ketika istirahat. Mengetik dengan sentuhan jari jemari akan memperbaiki postur leher anda sehingga mengurangi anda untuk terlalu sering melihat ke bawah ke arah jari di atas keyboard.
Penyangga tangan digunakan saat istirahat dari mengetik haruslah :
* Cukup panjang sampai melebihi panjangnya keyboard dan mouse
* Cukup tinggi sehingga bisa menjaga posisi tangan anda dalam posisi netral. Sedikit mundur ke belakang masih bisa ditoleransi
* Usahakan terbuat dari bahan yang cukup keras.

Apakah tinggi keyboard dan mouse anda sudah ideal dengan posisi tangan dan siku anda ?

Anda harus menyesuaikan meja kerja agar kedua tangan anda sama tingginya dengan siku anda, atau sedikit lebih rendah dari posisi siku saat memakai keyboard atau mouse. Ketika keyboard diletakkan diatas meja, sering kali posisinya terlalu tinggi. Anda butuh rak di bawah meja kerja untuk keyboard agar posisi jadi lebih rendah.
* Sudut keyboard anda haruslah sedemikian rupa sehingga tidak memaksa tangan anda untuk tertekuk ke depan (fleksi) atau tegang kebelakang (ekstensi).
* Sudut rak keyboard/mouse haruslah dapat membuat tangan kita dalam posisi lurus.
* Bila kaki belakang keyboard dinaikkan (kearah monitor) kedua tangan akan tertekuk kebelakang pada saat anda mengetik.
* Sebaliknya, bila penyangga tangan dipakai dan posisinya terlalu tinggi pergelangan tangan akan tertekuk kearah depan saat anda mengetik.
Permukaan meja untuk istirahatkan tangan haruslah rata dengan tepi ujung depan dan belakang yang tumpul untuk mencegah terjepit.

Apakah anda harus menggapai mouse saat bekerja ?
Bila ya, letakkan mouse anda tepat di sebelah keyboard atau beri topangan lengan anda saat menggunakan mouse

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s