Menjaga agar monitor LCD awet

Tidak bisa dipungkiri lagi, 50 persen pengguna komputer sekarang telah mengganti monitor tabung mereka dengan monitor LCD (Liquid Cristal Display). Masing-masing jenis monitor tersebut mempunyai beberapa kelemahan, yang jumlahnya lebih banyak dimiliki oleh monitor LCD, salah satunya adalah monitor LCD lebih rentan terhadap kerusakan. Nah, bagaimana menjaga agar monitor LCD awet ? Berikut tips yang bisa anda coba.

  1. Taruh ditempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung
    Hampir semua barang elektronik termasuk LCD akan lebih mudah rusak jika terkena air (udara yang lembab). Selain itu cara matahari langsung juga akan menimbulkan kerusakan, minimal terjadinya perubahan warna, baik itu pada layarnya maupun pada casing LCD nya.
  2. Jangan menyentuh bagian layar LCD
    Layar LCD terbuat dari tatanan Liquid (cairan), sehingga sangat rawan terhadap pergeseran cairan jika terkena sentuhan, jadi sebisa mungkin hindari menyentuh layar LCD secara langsung.
  3. Nyalakan LCD maksimal 4 jam dalam kondisi normal
    Hal ini untuk memberikan istirahat kepada komponen yang ada didalamnya. Penggunaan LCD yang terus-menerus akan membuat gambar LCD lebih cepat kabur, dikarenakan pemendaran LCD yang sudah tidak maksimal. Jika anda menggunakan LCD 24 jam, usakan mematikan LCD setiap 4 jam selama 5 menit.
  4. Tutup LCD setelah digunakan
    tujuannya untuk menghindari LCD dari kotoran dan debu
  5. Gunakan UPS atau stabiliser
    walaupun tidak sesensitif CPU, penggunaan tegangan yang tepat jelas akan lebih membuat LCD awet, apalagi dari gangguan putusnya aliran listrik yang tiba-tiba.
  6. Gunakan resolusi yang direkomendasikan
    Masing-masing LCD mempunyai resolusi native atau resolusi terbaik dari LCD tersebut. Jika LCD diset diluar resolusi native, maka gambar yang ditampilkan akan berkurang kualitasnya. Jadi usahakan gunakan resolusi yang direkomendasikan. Misal untuk LCD 15″ resolusi nativenya 1360 x 768 untuk wide screen.
  7. Gunakan setingan Brighness dan Contral secara Normal
    Jika kedua setingan tersebut terlalu tinggi, maka lampu yang ada dalam LCD akan lebih mudah mati. Jadi usahakan gunakan setingan default saja. (sekitar 50% )
  8. Letakan LCD ditempat yang rata
    Hal ini untuk mengantisipasi dari jatuhnya LCD
  9. Jangan terlalu sering memindah LCD
    Hal ini untuk menjaga seringnya terjadinya goncangan dalam LCD. Goncangan yang terlalu keras bisa menyebabkan rusaknya layar LCD.
  10. Jauhkan dari Medan Magnet
    Medan magnet banyak sekali sumbernya. Sebagai contohnya adalah speaker (yang paling sering digunakan oleh pengguna komputer). Medan magnet yanag terlalu dekat akan merusak kualitas gambar dari LCD, dan jika dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan rusaknya warna secara permanen.
  11. Jauhkan dari jangkauan anak-anak
    Hal ini bertujuan menghindari kecelakaan, seperti tersengat aliran listrik, kejatuhan unit atau yang lainnya.

Demikian tips agar monitor LCD yang anda pakai bisa lebih awet dan tentu saja bisa menemani anda bekerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s